Entri Populer

Senin, 23 April 2012

Pemberdayaan Perumnas sebagai Public Housing di Indonesia


Perum Perumnas akan membangun sebanyak 200.000 unit rumah murah dan sederhana di 50 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. "Pembangunan 200.000 unit rumah tersebut bagian dari penugasan pemerintah kepada Perumnas untuk menyediakan permukiman bagi masyrakat berpenghasilan rendah maupun bagi PNS, TNI dan Polri," kata Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto, di Jakarta, Selasa. Pembangunan 200.000 unit rumah tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Perumnas dengan kepala daerah di 50 kabupaten dan kota yang disaksikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz, Menteri BUMN Dahlan Iskan , dan Menko Kesra Agung Laksono.

Menurut Himawan, sejalan dengan pencanangan program rumah murah oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor awal tahun 2011, pembembangunan rumah murah tersebut untuk memenuhi hak dasar kebutuhan sektor papan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
"Perumnas sanggup dan siap melaksanakan tugas membangun rumah murah dan rumah sederhana di seluruh Indonesia. Pembangunan 100.000 akan dimulai pertengahan 2012 dan rampung pada 2014," ujarnya. Dijelaskan Himawan, rumah murah yang akan dibangun adalah tipe 36 m2 dengan luas minimal 60 m2, dengan harga jual ditentukan antara Kemenpera, Perumnas dan Pemda berkisar Rp35 juta per unit.

Sementara itu, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, dalam kerja sama ini Perumnas hanya membangun fisik rumah saja, karena lahan matang sudah disediakan oleh pemda, sedangkan Kemenpera akan menyediakan sarana dan prasarana umumnya.  Ada pun 50 pemda kabupaten dan kota yang sudah sepakat bekerjas ama penyediaan rumah murah tersebut yaitu, Kabupaten Pidie, Aceh Tenggara, Nias, Tapanuli Tengah, Pasaman Barat, Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma, Rokan Hilir, Majalengka, Purworejo, Temanggung, Pacitan, Malang.Selanjutnya Banyuwangi Karangasem, Kota Baru, Hulu Sungai Selatan, Kapuas, Pulau Pisau, Paser, Penajam Paser Utara, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Gorontalo Utara, Pahuwato, Tojo Una-una. Bulukumba, Manggarai Timur, Bellu, Alor, Asmat, dogiyai, Ndunga, Maluku Barat Daya, Majene, Sabu Raljua, Buton Utara, Buru, Halmahera Utara, Kota Palembang, Kota Batam, Kota Samarinda, Kota Tarakan, Kota Balikpapan, Kota Palu, Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kota Kupang, Kota Mataram, dan Kota Ternate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar